PROFIL KIM " POKAK "



Foto bersama Pengurus KIM "POKAK" beserta Lurah Kebonsari menyambut kedatangan Dinas Kominfo dan Camat Kota Bandung pada Hari Kamis, 27 Juli 2017 Pukul 12.00 s/d 17.00 Wib  di Kantor Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya 

KIM POKAK Kebonsari,_ Dengan mengucap Alhamdulillah puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT,akhirnya Penyusunan Profil Kelompok Informasi Masyarakat kelurahan Kebonsari yang diberi nama KIM Pojok Kampung Kebonsari ’’POKAK’’.KIM milik masyarakat Kelurahan Kebonsari kecamatan Jambangan Kota Surabaya akhirnya berhasil diselesaikan.Profil ini bertujuan untuk menerangkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kelompok yang memberikan informasi dari,untuk dan oleh masyarakat Kebonsari,tentang berbagai kebijakan pemerintah dan fungsinya di masyarakat.

Dalam Era keterbukaan informasi yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK), menjadikan dunia seakan tanpa mengenal batas wilayah. Manusia dengan mudah dan cepat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Kondisi ini, apabila tidak diimbangi dengan kesiapan sumber daya manusia dalam memilah dan memilih informasi yang tersedia secara transparan berdampak pada kontra produktif dalam kerangka pembangunan di segala bidang. 

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memiliki peran strategis dalam upaya menjawab tantangan tersebut,- karena KIM sebagai komunitas masyarakat informasi yang tumbuh dan berkembang di tengah – tengah kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia merupakan masyarakat sadar informasi yang diharapkan dapat berperan menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat (top down) atau sebaliknya antara masyarakat dan pemerintah (bottom up).

KIM sebagai agen informasi, berperan aktif mendistribusikan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif yang bermanfaat untuk menopang aktivitas mereka.


Kami menyadari bahwa penyusunan Profil KIM Kelurahan Kebonsari tahun 2017 ini masih terdapat banyak kekurangan,dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan SDM, oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun dari para pihak terkait dalam Rencana Kinerja kedepan sangat diharapkan guna upaya penyempurnaan berikutnya.

Pengurus
KIM Pojok Kampung Kebonsari “POKAK“
ttd
 Abdul Rochman

                                                                                    
I. LATAR BELAKANG

KIM Kelurahan Kebonsari Kecamatan jambangan merupakan media pengabdian,media beraktivitas, sekaligus media pembelajaran bagi anggota masyarakat yang berjiwa relawan dan berkomitmen guna mewujudkan masyarakat yang berwawasan luas dan berpengetahuan tinggi berkegiatan secara mandiri untuk menjembati antara kebutuhan masyarakat tentang informasi dengan Pemerintah kota Surabaya.Untuk mendukung hampir semua kebijakan pemerintah kota surabaya yang melalui kecamatan dan kelurahan,dimana program dan kegiatannya senantiasa disinkronisasikan dengan program prioritas pemerintah serta bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat Kebonsari melalui RT,RW,LPMK,TP_PKK,Karangtaruna dan lembaga lainnya.


Melalui kekuatan jaringan komunikasi yang terstruktur, kelurahan sampai pada masyarakat Kebonsari menjadi sarana yang efektif untuk mengimplementasikan program pembangunan sampai di tingkat RT/RW sehingga sangat diharapkan dapat memberi kontribusi yang signifikan bagi masyarakat Kebonsari.

II. GAMBARAN WILAYAH :

Luas Wilayah  : 78.622 HA
Batas Wilayah
Utara : Kel. Jambangan
Selatan  : Kel. Pagesangan
Timur : Kel. Gayungan
Barat  : Kali Surabaya
Topografi :Dataran Rendah  + 20 dpl
Potensi Ekonomi : Perdagangan
Jumlah Penduduk : 10.114 Jiwa
-       Laki-laki : 4.954 Jiwa
-       Perempuan :5.160 Jiwa
Jumlah RT   : 28
Jumlah RW : 3
RW  I  : 10 RT
RW II  : 9 RT
RW III : 9 RT

III.POTENSI DAN KEUNGGULANNYA

Kelurahan Kebonsari mempunyai nilai strategis dan sangat potensi karena merupakan pintu gerbang paling selatan Kota Surabaya setelah Kelurahan Pagesangan atau pintu masuk dari Kabupaten / Kota Sidoarjo, serta sebagai pendamping kelurahan Jambangan yang menjadi Destinasi tujuan wisata sehingga turut berbenah,tugas KIM disini untuk memberikan dorongan,support dan informasi kepada masyarakat sehingga dapat mengetahui dan bersinergi bersama pemerintah dengan harapan dapat meningkatkan SDM dan  ekonomi masyarakat sekitarnya.

Pemanfaatan peluang kebijakan penyerahan sebagian kewenangan Walikota kepada Camat dan lurah di bidang tugas Pemerintahan untuk mendayagunakan potensi yang ada, maka lurah dengan tetap mendasarkan pada asas kepatutan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memiliki posisi sangat strategis dalam mendayagunakan segenap potensi yang ada, baik potensi lembaga pemerintah atau non pemerintah, masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi maka kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat disini sangatlah tepat guna menyampaikan program-program tersebut.

Keunggulan KIM ‘’POKAK’’ diantaranya :

1) Komunitas Mitra Jambangan Communication ( MJC ) yakni suatu wadah/perkumpulan masyarakat yang peduli terhadap masalah keamanan dan lingkungan dengan memakai alat komunikasi(alkom)HT(Handy Talky).

Dalam kegiatannya MJC mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk  turut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan,lingkungan dan sosial kemasyarakatan disamping itu memberikan informasi cepat kepada masyarakat dan penghubung kepada instansi pemerintahan setempat seperti dalam bidang :

KEAMANAN : Menyikapi permasalahan komunikasi keamanan secara cepat di kelurahan Kebonsari dan meminimalisir gerak   kriminalitas.

LINGKUNGAN : Memberikan berbagai informasi dan membantu penanganan/penanggulangan bencana seperti pohon tumbang,banjir dll.

SOSIAL KEMASYARAKATAN : Memberikan informasi dan membantu penanganan      kepada masyarakat diantaranya : kecelakaan,orang hilang,kebakaran dll.dengan menginformasikan pada pihak-pihakterkait.Bisa dilihat di Face Book Jambangan MJC.

2) Kampung Pengelolaan Sampah dan Lingkungan

KIM ‘’POKAK’’ Telah berhasil membuat gebrakan dengan memberikan informasi terkait edukasi dan kegiatan yang ada di wilayahnya,keberhasilan dari para pengiat lingkungan yang telah mendirikan beberapa Bank sampah yang bertujuan untuk pengelolaan limbah dan barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi sebagian dijual ke pengepul sampah dan sebagaian untuk bahan kerajinan diantaranya pembuatan keset,rajutan dari kresek dan lain_lain juga pengelolaan lingkunagan yang lainnya.

Dengan adanya koordinasi dan pengelolaan yang baik kebonsari telah berhasil meraih juara lomba kelurahan berseri tingkat propinsi mewakili kota Surabaya berturut-turut,pada tahun 2015 juara tingkat Pratama,tingkat madya pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 dengan predikat tertinggi yakni mandiri disamping itu juga menjadi kampung Best of The Best dalam lomba Surabaya Green And Clean.dengan berbagai prestasi yang diraih dalam bidang lingkungan maka kelurahan kebonsari sering mendapat kunjungan dari berbagai daerah.

3) Terlibat dalam penangan banjir sehingga sampai timbulnya rumah pompa.


4) Didukung dengan lampiran Surat Keputusan Lurah 
Nomor : 400/12/436.9.23.3/2017 Tentang Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya Tahun 2017 - 2019.


IV. P E N U T U P

Demikian Profil Kelompok Informasi Masyarakat Pojok Kampung Kebonsari “POKAK” dibuat dalam rangka melengkapi persyaratan lomba LCCK tingkat kota Surabaya juga kebutuhan sebagai laporan kepada Dinas Kominfo Kota Surabaya dan penjelasan kepada publik tentang keberadaannya di masyarakat kelurahan Kebonsari kecamatan Jambangan khususnya maupun Kota Surabaya umumnya.


Contact Person KIM "POKAK" :

  • Telpon : 081336697548
  • Email : kim.pojok.kampong.kebonsari@gmail.com
  • Alamat Kantor : Jl.Kebonsari Manunggal No.22 Jambangan Surabaya
#A.R.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSM dan Pendamping REHSOS kota Surabaya Study Banding Ke Depok

Peresmian Rumah EnMag Kebonsari oleh Wali kota Surabaya

SOSIALISASI PERDA KOTA SURABAYA NO 5 TAHUN 2014