MAKNA DARI SEBUAH PENGHARGAAN



KIM Pojok Kampung Kebonsari,-Tanggal 31 Mei adalah hari jadi kota Surabaya tercinta,saya ucapkan selamat hari jadi kota Surabaya yang ke - 725 dan selamat buat para pegiat sosial baik yang menerima penghargaan maupun yang belum.

Peringatan hari jadi kota Surabaya (HJKS),31 Mei 2018 kali ini dipusatkan di halaman Balaikota Surabaya.Walikota Surabaya Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada  102 para pegiat sosial yang dinilai telah mendukung program_program pemerintah kota.

Dalam kesempatan lain banyak pula penghargaan-penghargaan yang telah diberikan oleh pemerintah kota Surabaya melalui Dinas terkait seperti yang dilakukan oleh Dinas  Sosial kepada Pekerja Sosial Masyarakat baru-baru ini.

Bicara soal penghargaan, baik itu penghargaan dari sesuatu yang kita hasilkan maupun penghargaan atas kesetiaan kita dengan rasa cinta yang tinggi pada suatu hal, seberapa pentingkah sebuah penghargaan tersebut ?

Sebaiknya kita fahami dulu apa tujuan dari Penghargaan tersebut,pada dasarnya penghargaan yang diberikan dalam bentuk apapun bertujuan untuk menghargai segala upaya yang telah di dilakukan oleh seseorang atau  kelompok dan untuk membangkitkan semangat kepada yang diberi penghargaan tersebut.

Dampak dari penghargaan diharapkan yang bersangkutan  dapat lebih  termotivasi dalam meningkatkan prestasi dan kinerjanya. Pada dasarnya Penghargaan adalah sebuah amanah/kepercayaan yang harus di emban untuk kedepannya agar terus lebih baik dan dapat menularkan keberhasilannya kepada pihak lain yang pada akhirnya dapat maju bersama_sama.

Ada hal yg lebih penting yakni mempertahankan bahkan lebih meningkatkan kinerja buat masyarakat secara luas.

Bila penghargaan tersebut diberikan kepada seseorang yang kebetulan sebagai pemimpin/ketua organisasi,sejatinya penghargaan itu adalah buat organisasi tersebut,karena merupakan sebuah kerja Tim dan secara tidak langsung juga membawa nama baik organisasi/lembaga tersebut.

Mari kita ambil nilai positifnya,sebenarnya makna dari sebuah penghargaan bukan hanya sekedar makna dhohiriyah namun juga dari segi bathiniyah,untuk selanjutnya bagaimana agar dapat menjadi hamba yang pandai bersyukur karena segala kebaikan dan kelebihan kita datangnya dari Allah SWT yang selanjutnya diharapkan bagaimana kita dapat mengabdikan diri  kepada hal_hal sosial sesuai degan bidang kita masing_masing secara tulus dan Ikhlas, yg dpt berimbas pada kemajuan untuk wilayah sekitar kita.Sesungguhnya orang yang beruntung adalah orang yang dapat berbuat kebaikan dalam lingkungan sekitarnya.

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan,manusia tidak terlepas dari khilaf (tidak ada manusia yang sempurna),maka dari iru bila ada sudut pandang yang berbeda dalam menilai sebuah permasalahan adalah wajar.yang harus kita garis bawahi adalah bagaimana kedepannya agar kita dapat membenahi diri  dari segala kekurangan dan meningkatkan apa yang sudah kita perbuat,bila ada perbedaan bisa kita ambil positifnya.perbedaan tetap dalam nuansa kebersamaan.

#KIM POKAK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSM dan Pendamping REHSOS kota Surabaya Study Banding Ke Depok

Peresmian Rumah EnMag Kebonsari oleh Wali kota Surabaya

SOSIALISASI PERDA KOTA SURABAYA NO 5 TAHUN 2014