MJC 10 TAHUN BERSAMA MASYARAKAT JAMBANGAN


KIM Pojok Kampung Kebonsari,- Sebelum kami memberikan informasi tentang Mitra Jambangan Communication ( MJC ) dibawa kepemimpinan H.Muhammad Sunar ST, terlebih dahulu kami ucapkan selamat ulang tahun ke - 10,semogsa selalau eksis dan semakin maju dalam nuansa kebersamaan.Aamiin.
10 Tahun sudah MJC bersama masyarakat Jambangan tentunya ada suka dan duka dalam perjalanannya,banyak sudah kiprah yang dilakukan oleh anggota MJC.Disini kami ingin mencoba mengupas sedikit tentang apa sih MJC itu ..? MJC adalah kepanjangan dari Mitra Jambangan Communication yaitu suatu organisasi sosial yang bergerak di bidang keamanan,Lingkungan dan social kemasyarakatan di wilayah kecamatan Jambangan yang dilengkapi dengan  alat komunikasi HT ( Handy Talky ) dalam binaan MUSPIKA,MJC telah resmi mempunyai ijin Stasiun Radio ( ISR ) dari MENKOINFO, AKTA NOTARIS : NANANG JAKA SULISTYA, SH. NO. 06/ 16 PEB. 2011

Mitra Jambangan Communication pada awalnya bernama MITRA JAMBANGAN ( Komunitas Radio Komunikasi Masyarakat Jambangan beserta muspika Jambangan ) merupakan suatu wadah / perkumpulan   masyarakat Kecamatan Jambangan yang peduli terhadap masalah keamanan dengan memakai alat komunikasi  ( alkom ) HT ( Handy Talky ).yang telah di resmikan  oleh Bapak Kapolwiltabes Surabaya beserta Kapolres Surabaya Selatan pada tanggal 22 Januari 2010 disaksikan oleh Asisten I bidang Administrasi pemerintahan Kota Surabaya serta dihadiri oleh semua Muspika Jambangan dan para tokoh masyarakat, para Ketua RW, RT,- LKMK, dan para koordinator keamanan seluruh Keamatan Jambangan.Dalam sambutannya Bpk Kapolwiltabes kota Surabaya ( Kombespol Ike Edwin ) menyatakan bahwa MJC adalah satu-satunya organisasi yang memakai alkom HT yang mempunyai ijin ( ISR ).

Dalam perjalanan waktu, Mitra Jambangan semakin berkembang dan dewasa dalam menyikapi berbagai permasalahan,Komunitas ini lahir dari masyarakat yang mempunyai komitmen kuat agar bisa menjembatani  persoalan yang ada di masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Jambangan.Untuk mengakomodir serta mengkoordinir aktivitas penggunaan Alkom HT tersebut telah di atur tata cara berkomunikasi yang baik, tertib dan sopan dengan cara memberi pelatihan dan pengarahan bagaimana cara penggunaan Alkom HT yang baik dan di berikan tata tertib sebagai pengendali.

Selanjutnya komunitas ini mengembangkan diri menjadi suatu organisasi komunikasi bukan hanya dalam segi keamanan namun juga sosial kemasyarakatan yang mandiri,semua biaya operasional ditanggung sendiri oleh para anggotanya dan mempunyai  harapan untuk memberikan yang terbaik buat masyarakat,maka nama MITRA JAMBANGAN diganti dengan i ‘’ MITRA  JAMBANGAN  COMMUNICATION’’ di singkat MJC.Tambahan COMMUNICATION di belakang adalah merupakan perwujudan dari inti organisai ini, yaitu mengkomunikasikan apa yang terjadi di masyarakat Jambangan kepada jajaran MUSPIKA Jambangan agar dapat dengan cepat  disikapi.Dari segi keamanan, seluruh jajaran anggota security yang tergabung dalam anggota MITRA JAMBANGAN COMMUNICATION  tetap akan diprioritaskan untuk mendapatkan pelatihan dan ketrampilan guna lebih mematangkan diri dalam hal pengamanan sesuai dengan profesi yang disandang dalam hal ini selalu berkomunikasi dengan pihak POLSEK Jambangan.

Untuk selanjutnya kami berharap siapapun yang menjadi pemimpin diwilayah kecamatan Jambangan hendaknya dapat membantu dan turut memikirkan keberadaan MJC seperti yang telah kami sebutkan di awal karena ini adalah sesuatu yang patut diapresiasi yakni inovasi kreatifitas yang dibentuk oleh masyarakat dengan tujuan untuk menjaga stabilitas keamanan, lingkungan dan social kemasyarakatan di wilayah kecamatan Jambangan.

VISI MJC  : Mewujudkan lingkungan yang bersih,aman dan kondusif.

MISI MJC 

di Bidang :

KEAMANAN : Menyikapi permasalahan kamtibmas secara cepat di kecamatan Jambangan dan meminimalisir gerak kriminalitas.
LINGKUNGAN : Memberikan berbagai informasi dan membantu penanganan /  penanggulangan bencana seperti pohon tumbang,banjir dll.
SOSIAL KEMASYARAKATAN  Memberikan informasi dan membantu penanganan kepada masyarakat diantaranya : kecelakaan,orang hilang,kebakaran dengan mengkoordinasikan pada pihak pihak terkait.

MJC telah berinergi dengan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (  IPSM  ) dibawah naungan Dinas sosial,dalam segi pemberitaan melalui Medsos MJC telah bersinergi dengan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) dibawah naungan Kominfo.

NB : MJC telah berhasil membuat Buku tentang perjalanan mengatasi banjir hingga timbulnya Rumah Pompa di kecamatan Jambangan,dapat diperoleh desekretaria MJC.

           Penulis
           ttd
           Abdul Rochma 
     Sekretaris Mitra Jambangan Communication

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSM dan Pendamping REHSOS kota Surabaya Study Banding Ke Depok

Peresmian Rumah EnMag Kebonsari oleh Wali kota Surabaya

SOSIALISASI PERDA KOTA SURABAYA NO 5 TAHUN 2014